Mengapa Karpet Mesti Dicuci Secara Berkala?

Spread the love

Karpet menjadi salah satu barang yang selalu ada di dalam rumah dan biasanya karpet di letakkan di depan ruang TV atau ruang keluarga. Tentunya karpet yang biasanya diletakkan di bawah tidak lepas dari berbagai macam mikroorganisme seperti bakteri yang menempel. Sehingga membuat kita harus rajin untuk mencuci karpet dan jika tidak sempat mencuci karpet sendiri maka kita bisa mencari tempat cuci karpet terdekat.

Bakteri yang menempel pada karpet dapat menyebabkan penyakit, baik itu penyakit kulit seperti gatal-gatal atau terjadinya gangguan pada pernafasan yang diakibatkan oleh bakteri yang menempel pada karpet yang kotor.

Pentingnya Mencuci Karpet

Tanpa disadari ternyata karpet yang kita gunakan sehari-hari mengandung banyak mikroorganisme yang merugikan seperti bakteri sehingga dapat menjadi salah satu bibit awal munculnya penyakit.

Penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya menjaga kebersihan karpet adalah penyakit kulit hingga gangguan pada pernafasan. Terutama jika kita mempunyai hewan peliharaan seperti kucing dan anjing yang memiliki bulu yang lebat.

Hewan tersebut jika sering bermain di atas karpet maka bulu-bulunya pun akan rontok sehingga menempel pada karpet. Itulah yang menyebabkan gangguan pada pernafasan jika bulu tersebut terhirup oleh hidung manusia.

Maka penting bagi kita agar tetap menjaga kebersihan karpet dengan secara rutin membersihkannya baik menggunakan alat penyedot debu atau dengan cara dicuci menggunakan air bersih.

Kapan Mencuci Karpet

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa mencuci karpet dilakukan hanya saat karpet sudah terlihat kotor saja, sehingga mencuci karpet dilakukan setelah jangka waktu yang lama. Selama karpet tersebut digunakan nyatanya sudah banyak bakteri dan kotoran yang menempel. Tidak dapat dipungkiri bahwa bakteri dan kuman yang menempel pada permukaan kulit dapat membuat kita lebih cepat terkena penyakit.

Untuk menjaga kebersihan maka dianjurkan membersihkan karpet minimal satu kali dalam seminggu dengan menggunakan alat penyedot debu dan mencucinya dalam waktu 6 bulan sekali. Karena karpet yang kita gunakan sehari-hari pasti dengan cepat mengandung bakteri tanpa kita sadari. Karpet yang terlihat bersih pun pasti ada bakteri yang menempel.

Membersihkan karpet bisa dilakukan menggunakan vacum cleaner atau penyedot debu, namun walaupun begitu kita harus tetap rutin mencuci karpet menggunakan air bersih agar bakteri yang menempel bisa hilang sepenuhnya.

Jadi membersihkan karpet menggunakan penyedot debu bisa dilakukan setiap hari setelah digunakan lalu selanjutnya karpet harus tetap dicuci bisa dengan menggunakan jasa cuci karpet terdekat yang dapat membantu dalam menjaga kebersihan karpet.

Baca juga : Keuntungan Memakai Jasa Cuci Karpet Yang Terpercaya

Alasan Mencuci Karpet

Berikut akan dijelaskan alasan kenapa harus mencuci karpet.

Membersihkan Noda

Barang-barang yang sering disentuh atau digunakan akan cepat kotor begitu juga dengan karpet yang setiap hari kita duduki atau diinjak pasti kotoran-kotoran akan menempel dengan mudah.

Belum lagi noda-noda bekas minuman atau makanan yang jatuh di atas karpet pastinya akan membuat karpet begitu kotor dan tentunya tidak mudah untuk membersihkannya jika noda tersebut sudah membandel atau sulit dihilangkan.

Jika kita menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda tersebut maka warna karpet pun akan mengalami perubahan sehingga membuat tampilan dari karpet tersebut menjadi tidak cantik seperti sebelumnya.

Menjaga Kelembutan Karpet

Membersihkan karpet secara rutin juga bisa membantu menjaga kelembutan karpet dan tentunya juga bisa menjaga agar karpet awet atau tahan lama dalam masa pemakaiannya. Karena serat yang menyerap debu dan kotoran itu akan menjadi kaku dan mudah rontok.

Menangkal Timbulnya Jamur

Tentu saja karpet yang kita gunakan tidak lepas dari jamur dan dapat menimbulkan bau yang tidak enak, hal itu terjadi karena tempat yang lembap dan seringnya terkena paparan sinar matahari.

Jamur tersebut bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit apalagi jika kita mempunyai kulit yang sensitif, maka akan dengan mudah terkena penyakit kulit. Jadi mencuci karpet secara rutin dapat menghilangkan jamur.

Menjaga Kebersihan Karpet

Karpet memang dapat menjadi perantara bagi perpindahan bakteri atau kotoran dari segala hal yang kita gunakan, sehingga dapat menumpuk dan bersarang pada karpet tersebut yang akhirnya menimbulkan jamur dan penyakit.

Dengan terus menjaga kebersihan karpet maka kita akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur yang jika dibiarkan maka mikroorganisme tersebut akan terus berkembang biak.

Karpet Terlihat Baru

Setiap orang pasti menginginkan karpetnya terlihat seperti baru dan bersih setiap harinya, maka dari itu dengan melakukan pembersihan dengan rutin akan membuat tekstur karpet menjadi lembut seperti baru.

Karpet yang jarang dibersihkan akan terlihat kotor sehingga membuat teksturnya menjadi kasar dan mudah rontok, walaupun sudah dicuci penampilannya akan terlihat berbeda karena sisi-sisinya terlihat tipis.

Dengan adanya beberapa alasan tersebut setidaknya membuat kita menjadi sadar bahwa penting menjaga kebersihan karpet yang kita gunakan sehari-hari. Jika tidak ada waktu untuk mencuci karpet maka bisa memanfaatkan jasa cuci karpet terdekat.