Cara Menjalankan Bisnis Laundry Dari Nol

Spread the love

Usaha laundry merupakan usaha yang memiliki peluang besar dan menjanjikan di lingkungan masyarakat. Bagi sebagian orang yang hidup di perkotaan dengan kegiatan dan mobilitas yang tinggi, mencuci pakaian merupakan suatu hal yang bukan menjadi kegiatan rutinitas sehari-hari. Kesibukan membuat sebagian orang tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengurus hal kecil seperti mencuci pakaian.

Keadaan ini dapat dimanfaatkan oleh beberapa orang dalam menjalankan bisnis laundry online kiloan. Jasa yang ditawarkan cukup menarik perhatian pengguna jasa laundry karena lebih praktis dan dapat menghemat waktu untuk mencuci pakaian. Pasalnya mencuci pakaian bukanlah hal yang mudah dilakukan semua orang, karena harus melakukan beberapa langkah seperti mencuci, menjemur, dan menyetrika.

Apakah Bisnis Laundry Itu?

Bisnis laundry merupakan bisnis yang menawarkan jasa mencuci pakaian. Terdapat beberapa barang yang dapat ditawarkan pada jasa laundry seperti mencuci baju, jaket, celana, tas, seprei, selimut, sepatu, karpet, dan beberapa barang lainnya.

Apa Saja Keuntungan Dalam Berbisnis Laundry?

Setelah mengetahui besarnya peluang dalam berbisnis laundry, selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Terdapat 5 keuntungan yang dapat Anda peroleh dalam berbisnis laundry yaitu sebagai berikut :

Jam kerja yang sangat fleksibel

Dalam berbisnis laundry Anda tidak perlu khawatir terkait masalah jam kerja atau waktu bekerja. Pasalnya dalam menjalankan bisnis ini Anda memiliki waktu yang sangat fleksibel, orderan yang dikerjakan dapat ditentukan sendiri waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikannya. Hal ini sangat menguntungkan Anda dalam berbisnis, karena waktu yang fleksibel dapat memberikan kesempatan untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Tidak memerlukan ilmu dan keahlian khusus

Keuntungan lain dalam berbisnis laundry yaitu, Anda atau karyawan tidak perlu memiliki ilmu dan keahlian khusus yang harus dipelajari dalam waktu yang lama. Dalam menjalankan usaha ini, Anda hanya memerlukan ketelatenan dalam mengerjakan orderan, selain itu kerapihan menjadi hal utama yang dibutuhkan.

Menggunakan modal yang murah

Modal menjadi hal utama yang harus diperhatikan dan dipersiapkan ketika akan membuka sebuah usaha. Tetapi berbeda ketika Anda akan berbisnis laundry, karena modal yang dibutuhkan relatif lebih murah. Modal utama yang harus ada yaitu mesin cuci dan setrika. Peralatan penunjang lain dapat dilengkapi seiring dengan semakin majunya bisnis laundry Anda.

Baca juga : Keuntungan Memakai Jasa Cuci Karpet Yang Terpercaya

Lokasi bisnis dapat dilakukan dimana saja

Beberapa bisnis biasanya membutuhkan lokasi yang strategis dalam menunjang usahanya. Namun dalam menjalankan bisnis laundry Anda tidak perlu khawatir untuk memikirkan hal tersebut, karena bisnis ini dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah. Anda tidak harus keluar rumah untuk menawarkan jasa, cukup menunggu di rumah dan mengerjakan orderan.

Pasalnya pengguna jasa laundry biasanya adalah tetangga atau orang yang masih ada di lingkungan tersebut. Selain itu, jasa laundry dapat dipromosikan melalui media sosial, sehingga akan lebih banyak pelanggan yang menggunakan jasa.

Beberapa Kendala Dalam Bisnis Laundry

Selain beberapa keuntungan yang didapatkan dalam berbisnis laundry, Anda harus mengetahui beberapa kelemahan yang terkadang menjadi kendala dalam berbisnis. Hal ini harus dihadapi dan didapatkan pemecahan masalahnya untuk menjaga usaha tetap maju dan berkembang pesat.

Persaingan bisnis yang tinggi

Persaingan dalam dunia bisnis merupakan suatu hal yang wajar, pasalnya tingginya peluang bisnis akan sebanding dengan banyaknya kompetitor. Tetapi hal ini jangan dijadikan masalah besar dalam berbisnis, Anda harus tetap melakukan inovasi agar bisnis tetap berjalan. Selain itu, Anda harus memiliki ciri khas dan karakteristik khusus pada usaha laundry agar selalu memiliki keunggulan dan menarik pelanggan.

Perawatan peralatan relatif mahal

Alat yang digunakan dalam berbisnis laundry sebagian besar adalah alat elektronik. Penggunaan dalam waktu dan intensitas yang lama terkadang membuat performa alat menjadi semakin menurun. Jika terjadi kerusakan pada alat laundry, Anda dapat mempelajari dalam memperbaiki alat tersebut melalui tutorial Youtube ataupun belajar pada ahlinya tetapi jika kerusakan pada alat sudah parah, maka dapat dibawa ke tempat service mesin laundry profesional.

Perubahan cuaca

Perubahan cuaca menjadi hambatan yang sangat berpengaruh dalam bisnis laundry. Pasalnya laundry pakaian walaupun dapat menggunakan mesin cuci sebagai pengering, bantuan sinar matahari tetap dibutuhkan agar pakaian dapat kering dengan sempurna.

Cara mengatasi ketika datang musim penghujan adalah membeli mesin pengering dengan kualitas yang bagus, selain itu dapat disiapkan ruangan khusus dengan pemasangan pemanas ruangan agar jemuran dapat cepat mengering.

Keuntungan yang relatif kecil

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis laundry ini relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan bisnis lain seperti dalam dunia perdagangan barang maupun komoditas. Tetapi harga yang ditawarkan harus dipertimbangkan dengan biaya yang dikeluarkan, serta harga yang ditetapkan oleh kompetitor. Hal ini dapat menarik pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan untuk selalu menggunakan jasa laundry Anda.